SILABUS

KELAS X SMA/MA

KODE

KOMPETENSI DASAR

POKOK BAHASAN

P

3.1

Menjelaskan ruang lingkup biologi (permasalahan pada berbagai obyek biologi dan tingkat organisasi kehidupan), melalui penerapan metode ilmiah dan prinsip keselamatan kerja

Ruang  lingkup biologi

K

4.1

Menyajikan data hasil penerapan metode ilmiah tentang permasalahan pada berbagai obyek biologi dan tingkat organisasi kehidupan

Obyek  biologi

P

3.2

Menganalisis berbagai tingkat keanekaragaman hayati di Indonesia beserta ancaman dan pelestariannya beserta ancaman dan pelestariannya

Keanekaragaman  hayati

K

4.2

Menyajikan hasil observasi berbagai tingkat keanekaragaman hayati di Indonesia dan usulan upaya pelestariannya

hasil observasi berbagai tingkat keanekaragaman hayati

P

3.3

Menjelaskan prinsip-prinsip klasifikasi makhluk hidup dalam lima kingdom

klasifikasi makhluk hidup

K

4.3

Menyusun kladogram berdasarkan prinsip-prinsip klasifikasi makhluk hidup

Kladogram  berdasarkan prinsip-prinsip klasifikasi makhluk hidup

P

3.4

Menganalisis struktur, replikasi dan peran virus dalam kehidupan

Menganalisis

K

4.4

Melakukan kampanye tentang bahaya virus dalam kehidupan terutama bahaya AIDS berdasarkan tingkat virulensinya

AIDS

P

3.5

Mengidentifikasi struktur, cara hidup, reproduksi dan peran bakteri dalam kehidupan

Identifikasi reproduksi

K

4.5

Menyajikan data tentang ciri-ciri dan peran bakteri dalam kehidupan

Bakteri

P

3.6

Mengelompokkan protista berdasarkan ciri-ciri umum kelas dan mengaitkan peranannya dalam kehidupan

Protista

K

4.6

Menyajikan laporan hasil investigasi tentang berbagai peran protista dalam kehidupan

Laporan hasil investigasi protista

P

3.7

Mengelompokkan jamur berdasarkan ciri-ciri, cara reproduksi, dan mengaitkan peranannya dalam kehidupan

Jamur

K

4.7

Menyajikan laporan hasil investigasi tentang keanekaragaman jamur dan peranannya dalam kehidupan

Laporan hasil investigasi jamur

P

3.8

Mengelompokkan tumbuhan ke dalam divisio berdasarkan ciri-ciri umum, serta mengaitkan peranannya dalam kehidupan

Tumbuhan

K

4.8

Menyajikan laporan hasil pengamatan dan analisis fenetik dan filogenetik tumbuhan serta peranannya dalam kehidupan

Laporan hasil pengamatan

P

3.9

Mengelompokkan hewan ke dalam filum berdasarkan lapisan tubuh, rongga tubuh simetri tubuh, dan reproduksi

Hewan

K

4.9

Menyajikan laporan perbandingan kompleksitas lapisan penyusun tubuh hewan (diploblastik dan triploblastik), simetri tubuh, rongga tubuh, dan reproduksinya

Laporan perbandingan kompleksitas

P

3.10

Menganalisis komponen-komponen ekosistem dan interaksi antar komponen tersebut

Ekosistem

K

4.10

Menyajikan karya yang menunjukkan interaksi antar komponen ekosistem (jaring-jaring makanan, siklus Biogeokimia)

Menyajikan karya

P

3.11

Menganalisis data perubahan lingkungan, penyebab, dan dampaknya bagi kehidupan

Lingkungan

K

4.11

Merumuskan gagasan pemecahan masalah perubahan lingkungan yang terjadi di lingkungan sekitar

Merumuskan gagasan

Keterangan:
P = Kompetensi Pengetahuan
K= Kompetensi Keterampilan

Comments

Popular posts from this blog

PENGANTAR