SILABUS
KODE |
KOMPETENSI
DASAR |
POKOK
BAHASAN |
|
P |
3.1 |
Menjelaskan
ruang lingkup biologi (permasalahan pada berbagai obyek biologi dan tingkat
organisasi kehidupan), melalui penerapan metode ilmiah dan prinsip
keselamatan kerja |
Ruang
lingkup biologi |
K |
4.1 |
Menyajikan
data hasil penerapan metode ilmiah tentang permasalahan pada berbagai obyek
biologi dan tingkat organisasi kehidupan |
Obyek
biologi |
P |
3.2 |
Menganalisis
berbagai tingkat keanekaragaman hayati di Indonesia beserta ancaman dan
pelestariannya beserta ancaman dan pelestariannya |
Keanekaragaman
hayati |
K |
4.2 |
Menyajikan
hasil observasi berbagai tingkat keanekaragaman hayati di Indonesia dan
usulan upaya pelestariannya |
hasil
observasi berbagai tingkat keanekaragaman hayati |
P |
3.3 |
Menjelaskan
prinsip-prinsip klasifikasi makhluk hidup dalam lima kingdom |
klasifikasi
makhluk hidup |
K |
4.3 |
Menyusun
kladogram berdasarkan prinsip-prinsip klasifikasi makhluk hidup |
Kladogram
berdasarkan prinsip-prinsip
klasifikasi makhluk hidup |
P |
3.4 |
Menganalisis
struktur, replikasi dan peran virus dalam kehidupan |
Menganalisis |
K |
4.4 |
Melakukan
kampanye tentang bahaya virus dalam kehidupan terutama bahaya AIDS
berdasarkan tingkat virulensinya |
AIDS |
P |
3.5 |
Mengidentifikasi
struktur, cara hidup, reproduksi dan peran bakteri dalam kehidupan |
Identifikasi
reproduksi |
K |
4.5 |
Menyajikan
data tentang ciri-ciri dan peran bakteri dalam kehidupan |
Bakteri
|
P |
3.6 |
Mengelompokkan
protista berdasarkan ciri-ciri umum kelas dan mengaitkan peranannya dalam
kehidupan |
Protista
|
K |
4.6 |
Menyajikan
laporan hasil investigasi tentang berbagai peran protista dalam kehidupan |
Laporan
hasil investigasi protista |
P |
3.7 |
Mengelompokkan
jamur berdasarkan ciri-ciri, cara reproduksi, dan mengaitkan peranannya dalam
kehidupan |
Jamur
|
K |
4.7 |
Menyajikan
laporan hasil investigasi tentang keanekaragaman jamur dan peranannya dalam
kehidupan |
Laporan
hasil investigasi jamur |
P |
3.8 |
Mengelompokkan
tumbuhan ke dalam divisio berdasarkan ciri-ciri umum, serta mengaitkan
peranannya dalam kehidupan |
Tumbuhan
|
K |
4.8 |
Menyajikan
laporan hasil pengamatan dan analisis fenetik dan filogenetik tumbuhan serta
peranannya dalam kehidupan |
Laporan
hasil pengamatan |
P |
3.9 |
Mengelompokkan
hewan ke dalam filum berdasarkan lapisan tubuh, rongga tubuh simetri tubuh,
dan reproduksi |
Hewan
|
K |
4.9 |
Menyajikan
laporan perbandingan kompleksitas lapisan penyusun tubuh hewan (diploblastik
dan triploblastik), simetri tubuh, rongga tubuh, dan reproduksinya |
Laporan
perbandingan kompleksitas |
P |
3.10 |
Menganalisis
komponen-komponen ekosistem dan interaksi antar komponen tersebut |
Ekosistem
|
K |
4.10 |
Menyajikan
karya yang menunjukkan interaksi antar komponen ekosistem (jaring-jaring
makanan, siklus Biogeokimia) |
Menyajikan
karya |
P |
3.11 |
Menganalisis
data perubahan lingkungan, penyebab, dan dampaknya bagi kehidupan |
Lingkungan
|
K |
4.11 |
Merumuskan
gagasan pemecahan masalah perubahan lingkungan yang terjadi di lingkungan
sekitar |
Merumuskan
gagasan |
P = Kompetensi Pengetahuan
K= Kompetensi Keterampilan
Comments
Post a Comment